Datu Kalampayan Diberi Gelar “Matahari Islam” Karena Keikhlasan Beliau Dalam Menyebarkan Ilmu | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 01 Juni 2022

Datu Kalampayan Diberi Gelar “Matahari Islam” Karena Keikhlasan Beliau Dalam Menyebarkan Ilmu

 


Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari (Datu Kalampayan Martapura) adalah sosok yang berjuang menyampaikan dakwah, mengajar, mendidik, penasehat, penulis, pelopor pendidikan pesantren, pembangunan kampung, pembuka lahan pertanian dan lain lain. Hal itu beliau lakukan secara ikhlas selama lebih kurang 40 tahun.

Karena ikhlasnya beliau mengerjakan semua itu, tersebarlah kebermanfaatan usaha beliau kepada orang banyak laksana cahaya matahari menerangi alam. Maka dari itu, ulama besar yang bernama Syekh Ahmad bin Muhammad Zein bin Musthofa Al Fathani memberikan julukan sebagai “Sang Matahari Islam” kepada Datu Kalampayan. Inilah buah dari keikhlasan beliau dalam berjuang.

Datu Kalampayan lebih kurang 58 tahun belajar (termasuk saat umur 7 tahun di asuh oleh raja Banjar, di Makkah dan Madinah). Beliau mengajar dan mengembagkan ilmu selama 40 tahun.

Dengan demikian, Datu Kalampayan adaalah seorang pahlawan dalam menegakkan dan menyebarkan agama. Anak anak beliau pun banyak yang mewarisi sifat ikhlas dalam berjuang. Mereka banyak terkenal sebagai ulama, Mufti, maupun qodhi.

Anak cucu beliau yang mewarisi sifat juang Datu Kalampayan diantaranya Qodhi Abu Su’ud, Khalifah Zainuddin, Qodhi H.M. Said Jazuly Nambau, Mufti Abdul Jalil, Mufti H. M. Arsyad Pagatan, dan lain lain.

Sumber : buku "Maulana Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari" tulisan Abu Daudi, sub judul "Seorang Ulama Yang Berjuang Tanpa Pamrih" hal 66

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner